-->
Lamang Jenis Makanan Yang Sangat Populer

Lamang Jenis Makanan Yang Sangat Populer

Lamang Jenis Makanan Yang Populer


Lemang merupakan adonan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, yang sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun pisang berisi adonan beras ketan dicampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang. Cara mengonsumsi lemang berbeda-beda dari daerah ke daerah. Ada yang senang menikmatinya dengan berbagai cara. Ada yang menikmatinya dengan lauk-pauk, ada juga yang menikmatinya dengan buah-buahan.

Di Indonesia Lemang merupakan jenis makanan yang populer. Khusus daerah Minangkabau ( Sumatera Barat ), Dari dahulu hingga kini Lemang atau Lamang dalam bahasa minang menjadi ciri khas makanan sebagian orang Sumatera Barat saat hari-hari kebesaran tertentu seperti awal bulan Ramadhan, jelang Idul Fitri, Idul Adha dan bulan Maulud.

Namun pada saat ini, lamang juga sudah banyak dijual dipasaran, sehingga masyarakat lebih cendrung membeli daripada membuat sendiri. Lamang sendiri juga menjadi tradisi adat Minangkabau, seperti pada acara pernikahan, syukuran dan acara adat lainnya, Lamang disajikan sebagai makanan pembuka atau bisa jadi makanan penutup atau dalam bahasa Minang disebut juga sebagai "Parabuang".

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan, saat ini Lamang sudah banyak variannya. Pada awalnya Lamang hanya dibuat dengan beras ketan putih dan merah, namun saat ini ada juga yang dicampur dengan pisang (Lamang Pisang), dicampur dengan ubi kayu (Lamang Ubi) dan ada juga yang khusus menggunakan Labu (Lamang Kundua).

Proses pembuatan Lamang bagi sebagian orang sangat sulit, mulai dari waktu yang lama, bahan bakar kayu dan hingga bahan bakunya.

Bahan baku untuk pembuatan Lamang :
- Beras Ketan
- Pisang (Lamang Pisang)
- Ubi Kayu (Lamang Ubi)
- Labu (Lamang Kundua)
- Santan
- Daun Pisang
- Bambu. 

0 Response to "Lamang Jenis Makanan Yang Sangat Populer "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel