-->
Petatah Petitih Di Minangkabau

Petatah Petitih Di Minangkabau



Petatah Petitih Di Minangkabau

Dima bumi dipijak, disinan langik dijunjuang, dima sumua dikali disinan aia disauak, dimano nagari diunyi disinan Adat dipakai.Ajaran Adat Minangkabau agar kita selalu pandai menyesuaikan diri dengan masyarakat sikitar kita dimanapun kita berada.


Caliaklah anak pandang minantu, mato nan condong ka nan elok.Orang tua yang mencari menantunya yang cocok dengan anaknya.

Umpamo manggadangkan anak ula, bak cando mamaliharo anak harimau, bak malapehkan anjiang tasapik.
Sifat seseorang yang tidak pandai berterimakasih.

Capek kaki ringan tangan, capek kaki indak panaruang, ringan tangan bukan pamacah.Merupakan suatu sifat seseorang yang mau bekerja keras tanpa kenal lelah demi masa depannya.

Aia bariak tando tak dalam, aia bakucak tando ndak panuah.
Bantuak sipuluik, Jikok di tanak badarai.

Sesorang yang sombong dengan ilmunya dalam kehidupan, namun tidak ada buktinya.

Jikok bajalan paliharolah kaki, jikok bakato paliharolah lidah.Hati-hatilah dengan apapun yang kita lakukan, sehingga tidak menyakiti orang lain dan merendahkan diri sendiri.

Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang.Hendaklah kita bekerjasama dalam segala hal, sehingga pekerjaan tersebut terasa ringan.


Basasok bajarami, bapandam pakuburan, sako pusako kalau tadalami, mambayang cahayo diinggiran.Kalau ajaran adat dapat didalami dan difahami, serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, maka akan meningkatkan kualitas dan mutu kita dalam kehidupan bermasyarakat.

Barajo di hati, basutan dimato.
Merupakan gambaran seseorang yang sangat keras kepala yang ingin menang sendiri, karena memiliki kekuasaan.

Kalau balaia banakodoh, jikok bajalan jo nan tuo.Apabila ingin mengerjakan suatu pekerjaan hendaklah dengan yang ahlinya. Mintalah petunjuk kepada yang sudah berpengalaman.


Kasiah sayang dapek dicari, katampek hati jarang basuo.Mencari teman untuk sangat mudah, namun mencari untuk teman untuk dijadikan pasangan sangat sulit.

Mambali Kudo lai murah, mancari makannyo nan payah.Menjalin kasih sayang untuk berumah tangga sangat mudah, namun untuk mempertahankannya sangat susah.


Bak umpamo gatah caia, cando pimpiang dilereng.
Sifat seorang yang tidak mempunyai pendirian dan ketetapan hati dalam segala hal.

Malatakan banak di mato pisau.
Suatu pekerjaan yang sangat sia-sia.

0 Response to "Petatah Petitih Di Minangkabau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel